06 Januari 2009

SOAL UAS STATISTIK GEOGRAFI

Simak berita Kompas sebagai berikut:

Gempa di Manokwari, Papua Barat, Minggu (4/1/2009), mengakibatkan seorang anak tewas, lebih dari 40 orang luka, dan ratusan bangunan rusak. Siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan, ada dua korban jiwa. Gempa pertama terjadi Minggu pukul 02.43 dengan kekuatan 7,2 skala Richter. Pusat gempa berada di sebelah barat Manokwari dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa susulan terjadi pada pukul 05.33 dengan kekuatan 7,6 skala Richter. Hingga Minggu petang, data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menunjukkan, Manokwari diguncang 29 kali gempa tektonik berkekuatan lebih dari 5 skala Richter.

Getaran gempa membuat Hotel Mutiara Sanggeng dan Hotel Kali Dingin Wosi ambruk. Di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Manokwari, Yolanda Fabiola Banggoanbo (10) tewas tertimpa bangunan. Direktur RSUD Manokwari Hengky Tewu menuturkan, ada 26 orang dirawat karena patah kaki dan tangan. Menurut Kepala Polres Manokwari Ajun Komisaris Besar Pit Wahyu, berdasarkan laporan para kepala polsek, korban jiwa ada 1 orang, luka ringan 40 orang, dan luka berat 3 orang. Jumlah pengungsi sekitar 1.000 orang di kota dan 7.000 orang di Distrik Masni, 90 kilometer dari kota. Pit mencatat, Kantor Gubernur Papua Barat, kantor bupati, dan sejumlah kantor distrik rusak ringan. Sebelas bangunan rusak berat di kota (Distrik Manokwari Barat), antara lain Hotel Swiss-Bell, Mal Hadi, Gedung Pelni, rumah dinas bupati, dan gudang beras. Selain itu, 106 rumah rusak ringan dan 60 rumah rusak berat. Sebuah masjid dan dua gereja juga rusak

Perhatikan Gempa terkini USGS, berikut :

Perhatikan juga cuplikan data gempa terkini (> 5.0 SR) dari BMG, berikut ini:


Ada ungkapan, ”Statistics needs geography; Geography needs statistics”,  jelaskan ungkapan tersebut dengan kasus gempa di atas!

 Sekedar mengingatkan:

Statistical geography is the study and practice of collecting, analysing and presenting data that has a geographic or areal dimension, such as census or demographics data. It uses techniques from spatial analysis, but also encompasses geographical activities such as the defining and naming of geographical regions for statistical purposes.  

 Selamat mengerjakan!!!

Tidak ada komentar: