13 Januari 2009

SOAL UJIAN SIG DASAR

Perhatikan informasi spasial seputar banjir 15 Februari 2007 di Kota Solo (LAPAN),  berikut ini  :


Ada 3 jenis peta :
1. Peta Tingkat Bahaya Banjir
2. Peta Digital Elevation Model
3. Peta Peluang Hujan (Citra MTSAT-IR)

Pertanyaan :
1. Bagaimana format data di atas? Jelaskan!
2. Apakah data tersebut merupakan data mentah, atau data hasil olahan? Jelaskan! 
3. Prosedur analisis spasial apa yang bisa digunakan untuk mengetahui tingkat risiko banjir Kota Solo, berdasarkan  data di atas. Buatlah diagram alirnya meliputi input data, proses, dan outputnya.

Simak cuplikan berita mengenai Banjir Kota Solo 15 Februari 2007, berikut :

Daerah yang terendam Kelurahan Sumber, Solo. Sedikitnya 200 rumah warga terendam banjir setinggi 1 meter dan banjir juga menewaskan 2 orang warga karena terseret arus air. Kawasan yang dilanda banjir : Tirtoyoso Manahan, Solo. Ditempat ini banjir mencapai ketinggian 1 meter sehingga merendam pemukiman penduduk. Selain Tirtoyoso, banjir juga melanda sejumlah kawasan lain seperti Sumber, Jebres, Kadipiro, Pucangsawit dan Jagalan. Daerah yang tergenang banjir meliputi Kelurahan Sumber, Manahan, Gilingan, Kadipiro, Timuran dan Nusukan  di Kecamatan Banjarsari. Sedangkan di Kecamatan Laweyan meliputi Jagalan, Kampung Sewu di Kecamatan Jebres, Bumi dan Purwosari. Adapun di Kecamatan Pasar Kliwon meliputi Sangkrah dan Semanggi. Hampir 70 persen jalan utama di Kota Solo tergenang air.

Ternyata setelah banjir di atas, akhir Desember 2007 sampai awal tahun 2008 Kota Solo kebanjiran lagi dan tercatat sebagai banjir ke-2 terbesar setelah tahun 1966, tetapi lebih terkonsentrasi di wilayah Solo bagian Timur dan Tenggara, sedangkan bagian Barat Laut (Kecamatan Banjarsari tidak banjir). Sementara Banjir 1966 hampir seluruh Kota tergenang. 

Pertanyaan:

4. Data/layer apa saja yang perlu ditambahkan ke dalam basis data SIG Badan Penanggulangan Bencana Kota Solo (anggap sudah ada!), sehingga bisa dijadikan dasar pengambilan kebijakan terkait manajemen bencana banjir di Kota Solo? Jelaskan! 

Silahkan didiskusikan, tetapi jawaban harus individual! Tambahkan opini pribadi! Jika sama persis, nilai dibagi 2. 

Selamat mengerjakan!

Untuk resolusi lebih baik, silakan download peta ini!

Tidak ada komentar: